Dumbek Khas Tuban Yang Manis Banget

Makanan atau jajan Dumbek Khas Tuban Yang Manis Banget ini memang lain dari yang lain. Bau khas dari daun siwalan membuat aroma semakin menggoda, aromanya kuat banget. Jajan Dumbek adalah makanan ringan khas tuban yang terbuat dari adonan dengan resep tradisional dibungkus dengan daun siwalan.

Kalau anda lagi berkunjung ke Tuban atau Rembang, pasti akan menjumpai jajan Dumbek di toko-toko oleh-oleh. Biasanya dijual juga di pasar tradisional sebagai jajanan, ya..selevel dengan kucur, onde-onde gitu lah.

Bahan dasar membuat Dumbek adalah tepung beras, gula merah, santan, kelapa parut, garam dan daun pandan. Untuk membuatnya harus dengan daun siwalan yang sudah diiris sebagai bungkusnya. Membungkus dumbek harus dengan kesabaran dan ketelitian melilit supaya adonan tidak tumpah.

Bentuknya memang seperti terompet dari janur atau daun siwalan, namun setelah dikupas memiliki rasa yang manis dan khas sekali. Gambar Dumbek Seperti ini :


Dumbek

Dumbek Tuban


Harga dumbek di pasar tradisional Tuban seharga 2.000 perbiji atau per ikatnya sekitar 20.000 isi 10 biji.  Nah itulah jajanan tradisional Dumbek Khas Tuban Yang Manis Banget, yuk coba.

Artikel Terkait